Senin, 29 April 2013

Main PS2 DI PC dengan Emulator PCSX2

Setelah sebelumnya saya mengulas tentang cara bermain PS1 di PC dengan emulator ePSxe (bagi yang belum nyimak bisa Klik Disini). Sekarang saya akan mengulas bagaimana caranya bermain PS2 di PC.


Sebelumnya bagi kamu yang pengin main ps2 di PC lihat dulu spek PC kamu dah diatas minimum requrement atau belum. Bagi yang sudah memenuhi syarat bisa melanjutkan tutorialnya, bagi yang belum memenuhi syarat nyimak dulu juga ga papa sapa tau suatu saat PC km diupgrade atau kamu main emulator PS1 dulu (Klik Disini). Berikut ini syarat minimumnya :

Recommended System Requirements :
OS : Windows XP/Vista/7
CPU : Intel Core Duo 3.2 Ghz
VGA : Geo Force 9600 ++
Memory : 2GB RAM (3GB for Windows 7)

OK Mari kita lanjutkan!
Pertama download dulu PCSX2 di bawah ini :
Download PCSX2

Setelah download sekarang kita mulai prosesnya....
1. Buka hasil download lalu jalankan pcsx2-0.9.8-r4600-setup. Lalu klik next seperti gambar berikut ini :


2. Lalu klik instal.


 3. Tunggu hingga muncul seperti gambar di bawah ini, lalu klik close.



4. Buka shortcut pcsx2 yang ada di desktop. Pilih language menjadi English US lalu klik next.


5. Setelah itu muncul beberapa settingan. Pada baris PAD klik configure lalu klik PAD1 (sebelah General) disitu ada pilihan untuk menyeting kontrol keyboard/joystik untuk mengoperasikan emulator sesuai keinginan kamu. Misalnya klik triangle lalu tekan tombol segitiga pada joystik. Menu PAD1 untuk stik 1 dan PAD2 untuk stik 2 jika mau main multyplayer. Setelah selesai dikontrol lalu klik OK.




6. Lalu akan muncul select a BIOS rom. Sebelum melanjutkan, kamu buka dulu file rar PCSX2 yang tadi kamu download lalu buka folder BIOS dan copy semua file BIOS yang ada di folder tersebut ke : C:/User/NamaAnda/Documents/PCSX2/Bios. Jika tidak bisa cara yang ke-2  , kamu extract folder bios di mana aja terserah, lalu melalui menu open in explore tapi sebelumnya kamu hilangkan dulu centang Use Default Setting terus kamu cari folder Bios yang sudah kamu extract tadi. Lalu klik finish.


7. Setalah selesai tutorial di atas sekarang kamu sudah bisa menjalankan emulator PCSX2.


8. Cara memainkannya sangat mudah. 
*Cara pertama Klik CDVD lalu klik ISO. Klik CDVD lagi lalu klik ISO selector lalu klik Browser. Cari file game ISO yang akan kamu mainkan klik lalu open atau langsung double klik pada file game tersebut, setelah itu klik System lalu klik boot CDVD (fast)
*Cara kedua menggunakan kaset PS2. kamu klik Config --> Plugin/Bios Selector --> Pada baris CDVD ubah menjadi cdvd gigaherz --> OK,  lalu klik menu CDVD --> Plugin. Lalu klik CDVD lagi --> Plugin Menu --> Plugin Setting lalu ganti lokasi sesuai dengan direktori DVD rom kamu. Lalu klik System --> Boot CDVD fast.
"Tapi menurut pengalaman saya apabila main dengan DVD/kaset PS2 akan berpengaruh pada jalannya game. Saran saya lebih baik menggunakan file ISO seperti cara pertama tadi".

Untuk download Game PS2 Klik Disini

Catatan :
* Jika terjadi patah-patah atau lag saat bermain, mungkin disebabkan karena kinerja PC anda sudah terlalu berat atau juga spesifikasi PC anda belum memenuhi syarat. Atau bisa juga kamu membuat beberapa perubahan pada setting emulatornya.
* Jika PCSX2 tidak bisa dijalankan atau keluar tulisan "MSCVR100.dll Not Found" berarti kamu harus menginstal Microsoft Visual C++ 2008 dan Microsoft Visual C++ 2010.
* Jika masih terjadi kendala bisa ditanyakan di kolom komentar.
Selamat Bermain!!
Terima Kasih Sudah Berkunjung....

3 komentar:

Farhan Haris mengatakan...

gan, klo saya pake kaset dvd ps2 bisa kagak?
pliss kasih tw solusinya gan,
TY

Farhan Haris mengatakan...

gan,klo saya pake dvd ps2 bisa kagak??tlong blsannya gan,,
Tks

Rendy Marlino mengatakan...

bisa gan farhan, di copy dulu ke pc pake UltraISO/PoweISO/Software sejenisny